Perdagangan Internasional
:
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk
suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu),
antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan
pemerintah negara lain. Perdagangan internasional pun turut
mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi,
dan kehadiran perusahaan multinasional.
*Teori Perdagangan Internasional
yang akan kita bahas ada 3 model,
yaitu yang pertama adalah model :
Model Adam Smith : memfokuskan
pada keuntungan mutlak yang
menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan
negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah
dibandingkan negara lain. Menurut teori ini jika harga barang dengan jenis sama
tidak memiliki perbedaan di berbagai negara maka tidak ada alasan untuk melakukan
perdagangan internasional.
Model Ricardian : memfokuskan
pada kelebihan komparatif dan
mungkin merupakan konsep paling penting dalam teori pedagangan internasional.
Model Heckscher-Ohlin : Model Heckscgher-Ohlin dibuat
sebagai alternatif dari model Ricardian dan dasar kelebihan
komparatif. Teori ini berpendapat bahwa pola dari perdagangan
internasional ditentukan oleh perbedaan dalam faktor pendukung.
Pemasaran Internasional adalah
kegiatan Pemasaran yang
melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai Negara.
Pemasaran Internasional : Merupakan kegiatan
Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai Negara.
Pasar internasional adalah pasar
yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional
melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran
di negara-negara di mana suatu organisasi melakukan bisnis.
Kenapa Setiap Negara harus ada
perdagangan dan pemasaran internasional ?
Karena selain untuk saling menjaga
tali persaudaraan antar Negara juga biasanya memudahkan kita suatu Negara untuk
memenuhi kebutuhan yang berbeda di setiap negara negara tersebut. perdagangan
internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP / Pendapatan nasional. dampaknya terhadap
kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad
belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi,
kemajuan transportasi, globalisasi,
dan kehadiran perusahaan multinasional. Globalisasi dalam
hal ini adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di
seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan
bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi
semakin sempit. Hal lain juga biasanya , untuk mempromosikan hasil kekayaan
suatu Negara atau produksi dari barang barang Negara tersebut.
Faktor - Faktor :
Faktor pendorong
Banyak faktor yang mendorong suatu
negara melakukan perdagangan internasional, di antaranya sebagai berikut :
·
Untuk memenuhi kebutuhan
barang dan jasa dalam negeri
·
Keinginan memperoleh
keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
·
Adanya perbedaan
kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya
ekonomi
·
Adanya kelebihan produk
dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
·
Adanya perbedaan keadaan
seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang
menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
·
Adanya kesamaan selera
terhadap suatu barang.
·
Keinginan membuka kerja
sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
·
Terjadinya era
globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
gladiza mandasari (23212192) 1EB02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar