Senin, 03 Desember 2012

Franchise

PENGERTIAN :

   Dalam pengertian saya, franchise adalah bentuk kerja sama kemitraan dalam usaha atau waralaba, Kegiatan Waralaba itu sendiri adalah cara untuk mengembangkan usaha dengan bekerja sama dengan berbagai lembaga , individu lain yang ingin membuka usaha dengan brand - brand terkenal tertentu. Perusahaan yang membuka peluang kerja sama franchise biasanya adalah perusahaan yang sudah ternama , terkenal , sudah terjamin dari segi kualitas produknya, maupun dalam pemasaran dan pelayanannya. 

   Dalam pengertian umumnya , Waralaba sendiri artinya adalah kejujuran atau kebebasan dalam bahasa perancis( Franchise ) dimana bisa diartikan seperti ini : ada hak - hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Versi Pemerintah sendiri di Indonesia adalah 'perikatan dimana salah satu pihak diberiikan hak memanfaatkan & atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual / HAKI, atau pertemuan dari ciri khas usaha yg dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yg ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa'.


Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.


Contoh Bisnis :

   Di Indonesia sendiri ada berbagai macam bisnis franchise yang berkembang dari negeri sendiri. Sebagaimana anak Indonesia, yang cinta akan bangsa kita sendiri , saya akan membahas bisnis franchise yang murni berasal dari indonesia dan sudah berkembang dan di akui dimana-mana. :) 
   Es Teler77 ! Sering dengar kan namanya ? atau sering mampir dan makan-makan disana ? yup, ini adalah salah satu franchise indonesia yang berhasil dalam usaha berfranchasing dan telah di akui sebagai Top Franchise ASEAN 2009 , dan masuk dalam kategori THE BEST IN FRANCHISE SUPPORT, INDONESIA FRANCHISOR OF THE YEAR 2009. Omzetnya tidak tanggung tanggung , 180 milyar per bulan dalam periode 2011. Omzet ini tercapai berkat penjualan produknya di 180 gerai di seluruh Indonesia dan Mancanegara. Pendapatan gaji pergerai Rp. 500juta hingga Rp. 1 milyar per bulan. Investasi dengan modal Rp. 600.000.000 hingga 900.000.000 juta dengan standarisasi tempat yg di tentukan yaitu antara 100 meter hingga 150meter persegi. Dengan membayarkan investasi sebesar modal tadi , Bisnis Es teler77 ini berlaku untuk 5 tahun dengan royalti fee standar sebesar 4 sampai 4,5%. Bagaimana dengan Bahan bakunya ? Es Teler77 dan pengelolanya selalu di berikan standar penggunaan produk pertanian dan petani lokal. Sedangkan gerai yang berada di luar negri memasok bahan bakunya juga dari petani sekitar. hingga akhir tahun 2011, dapat dihitung 180 gerai dengan rincian 60% diantaranya adalah franchising yang dimiliki perusahaan dan 40% sisanya adalah mitra.

Keuntungan dan Kerugiannya :

  1. Keuntungan
      Bisnis franchise ini biasanya cenderung kecil untuk gagal , karena franchise sendiri biasanya di gagas oleh suatu perusahaan yang telah memiliki nama dan posisi tertentu di dalam bisnis.  Franchise memudahkan kita menjado pengusaha yang otonom , tetapi tetap memiliki mitra dalam menjalankan bisnisnya. Dalam bisnis ini telah disediakan pedoman - pedoman lengkap dari cara mengatur hingga menjalankan bisnis bagi franchise, membeli bisnis franchise sama dengan membeli bisnis yang sudah jadi dan matang. Sebagai mitra, anda akan mendapatkan traine / pelatihan dalam menjalankan usaha.
   
   2. Kerugian
       Penggunaan sistem franchise ini juga tidak memberikan efek bebas untuk para mitra dalam melakukan inovasi bisnis , karena terbentur dengan perjanjian dalam kontrak franchise itu sendiri. Semua barang dan jasa telah di tentukan kualitas dan kuantitasnya oleh si Franchisor, tujuannya adalah untuk menjaga dan mempertahankan standar mutu dan layanan di semua gerai dan jaringan yang di miliki oleh franchisor, dan biasanya harganya juga di tentukan oleh franchisor. Berpotensi untuk konflik karena biasanya , ada satu pihak yang merasa rugi atau dirugikan dalam bisnis ini. Misalnya si Franchise (mitra) merasa tidak sesuai dengan apa yg diterima dalam paket bisnis yg di janjikan oleh si Franchisor (Indukmitra), dan hal lainnya sangat memungkinkan konflik di dalam bisnis ini.
       
Saran :
   Walaupun kecil resikonya tetapi bisnis ini tetap memiliki resiko untuk gagal, jadi berhati-hatilah dalam memilih dan memilah suatu mitra yang akan anda ambil sebagai mitra usaha anda. Bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang dalam konteksnya bisa sampai 5 - 15 tahun , semua bisnis yang anda jalankan harus anda bayar sebelum bisnis anda berjalan, jadi bersabarlah. tawaran yang di sajikan banyak berbentuk ilustrasi, pahamilah dan sesuaikan dengan jangkauan kemitraan investasi yang anda inginkan. jangan sampai anda terjebak dalam sebuah marketing instrument yang sangat merdu terdengar saat masa penawaran. Anda bermitra dengan Franchise sama saja anda mengikat diri anda dengan peraturan dari perusahaan , usahakan jangan sampai anda atau pihak dan Franchisor itu sendiri merasa dirugikan karena bukan hal baru lagi jika bisa di perkarakan. jadi tetap berhati - hatilah.




gladiza mandasari (23212192) 
1EB02


Tidak ada komentar:

Posting Komentar