Selasa, 12 Maret 2013

LOVE INDONESIA !

LOVE INDONESIA !


hai hai, kalian pasti tau kan tentang indonesia kita tercinta ini.. tentang seberapa banyak kebudayaan dan keindahan dari seni budaya asli dari Indonesia.. bahkan orang bule - bule di luar sana sudah banyak yg mempelajari kebudayaan kitaa... nah, utk lebih jelasnya kita mulai aja yaa sedikit perkenalannya tentang Indonesia :) here we go.....


I. SENI & BUDAYA
 seni , berawal dari proses manusia dan merupakan suatu apresiasi atau ekspresi dari kreativitas manusia, dan biasanya identik dengan suatu keindahan. Menurut HARRY SULISTIANTO 'seni budaya merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi padnangan akan suatu benda, suasana , ataupun karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.'
 apa aja sih seni dan kebudayaan Indonesia yang paling terkenal di dunia Internasional ? nah sekarang kita akan bahas beberapa seni dan budaya yang terkenal dari Indonesia. taaadaaaaa... 

   1. Bali
 banyak orang asing yang menganggap kalau bali adalah negara, dan bukan merupakan salah satu kepulauan dari Indonesia. Padahal bali merupakan salah satu kepulauan dari Indonesia dan merupakan lambang pariwisata dari negara kita ini, selain karena keindahan pantainya tetapi juga karena ramahnya penduduk Indonesia ini menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisata terfavorite turis setiap tahunnya. Yang paling terkenal dari seni budaya bali adalah Tari Kecak , Tari Pendet , Tari Barong dan Tari Legong. 

   2. DIY
 Daerah Istimewa Yogyakarta , terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2. Sudah pasti terkenal juga dengan kesopanannya dan adat Jawanya yang sangat kental. Seni dan budaya yang terkenal dari DIY salah satunya adalah WAYANG , Wayang dalam bentuk yang asli merupakan kreasi budaya orang Jawa yang berisi berbagai aspek kebudayaan Jawa. Wayang sudah ada jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia. Wayang ini mempunyai berbagai macam jenis , misalnyaa Wayang Kulit, Wayang Wong , Wayang Golek/ Thengul , Wayang Klithik. Selain itu ada juga Langen Mandra Wanara yang merupakan gabungan dari berbagai macam tarian juga merupakan salah satu kesenian , dan berbagai macam kesenian lainnya.

   3.  Aceh 
  Aceh, merupakan salah satu daerah islami yang ada di Indonesia. Kesenian yang terkenal dari daerah ini adalah Tari-tariannya. Yaitu salah satunya adalah Tari saman , tari yang diiringi dengan suara nyanyian dari sang penari itu sendiri merupakan tarian yang sangat terkenal juga di mata asing.  Berasal dari salah satu suku yaitu suku Gayo, biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiranNabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. 

  Dannn, masih banyaakk lagi dari berbagai daerahh .. misalnyaa saja :

Kesenian Wayang


Berasal dari kata wayangan, yaitu sumber ilham dalam menggambar wujud tokoh dan cerita.
Wayang merupakan suatu karya bangsa yang telah dikenal sejak1500 SM dan dalam perkembanganya bersentuhan dengan unsur lain dan terus berkembang sehingga menciptakan wujud dan isinya seperti saat ini.
Wayang berfungsi sebagai media penerangan, pendidikan, dan komunikasi masa,wayang dalam bentuknya yang asli timbul sebelum kebudayaan hindu masuk masuk di indonesia dan mulai berkembang pada masa hindu jawa.
pertunjukan kesenian wayangmerupakan sisa- sisa upacara keagamaan orang jawa yaitu sisa-sisa dari kepercayaan animisme dan dinamisme.


Batik


Batik adalah gambar atau lukisan yang di buwat pada kain dengan bahan lilin dan pewarna, yang menggunakan alat canting atau kuas serta teknik tutup celup. Batik dapat berupa gambar pola ragam hias atau lukisan yang ekspresif.
sejarah batik indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit dan kerajaan sesudahnya.
batik merupakan karya seni budaya yang di kagumi dunia,di antara ragam tradisional yang di hasilkan dengan teknologi celup canting. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas,Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.


Kesenian Reog


Adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari ponorogo jawa timur.Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat, reog terdiri dari topeng kepala harimau yang besar dan burung merak di atasnya, orang yang memainkan reog harus memakai topeng reog yang besar itu serta mengangkatnya.
dalam pengalamanya seni reog merupakan cipta kreasi manusia yang terbentuk adanya aliran kepercayaan yang ada secara turun temurun dan terjaga. Seni reog terdiri dari beberapa rangkain 2 sampai 3 tarian pembuka. Berikutnya adalah tarian yang di bawakan oleh 6 - 8 gadisyang menaiki kuda.Reog masa kini biasanya di pentaskan dalam beberapa acara seperti pernikahan khitanan, hari-hari besar nasional dan lain- lain.


Angklung


Adalah alat musik tradisional dari daerah jawa barat, alat musik ini terbuat dari bambu, dapat di mainkan sendiri juga dapat di padukan dengan alat musik lain,namun umumnya di mainkan secara massal.
instrumen angklung terdiri atas : angklung melody, angklung pengiring, dan angklung bass. musik angklung digunakan untuk sarana ronda malam, pesta panen, dan pesta perkawinan.

Dalam perkembangannya, angklung berkembang dan menyebar ke seantero Jawa, lalu ke Kalimantan dan Sumatera. Pada 1908 tercatat sebuah misi kebudayaan dari Indonesia ke thailand, antara lain ditandai penyerahan angklung, lalu permainan musik bambu ini pun sempat menyebar di sana.Bahkan sejak 1966, udjo ngalagena tokoh angklung yang mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog, salendro, dan madenda mulai mengajarkan bagaimana bermain angklung kepada banyak orang dari berbagai komunitas.


Musik Lesung


Berasal dari blora jawa tengah, lesung adalah alat untuk menumbuk padi. saat para ibu-ibu menumbuk padi mereka juga sambil berdendang (bernyanyi), lagu lagu yang di lantunkan biasanya lagu lagu jawa.
instrumen lesung terdiri dari : alu lantan dengan lesung.
Lesung sendiri sebenarnya hanya wadah cekung, biasanya dari kayu besar yang dibuang bagian dalamnya.Gabah yang akan diolah ditaruh di dalam lubang tersebut.Padi atau gabah lalu ditumbuk dengan alu, tongkat tebal dari kayu, berulang-ulang sampai beras terpisah dari sekam.
Setelah zaman kian maju, membersihkan padi dengan lesung ditinggalkan, karena di nilai kurang dapat memperoleh hasil yang banyak.Kini lesung tetap di lestarikan sebagai kesenian tradisional.


II.  KEPENDUDUKAN 

  Penduduk menurut UU.RI.No. 10 tahun 1992 yaitu orang dalam matranya sebagai pribadi, anggota keluarga,anggota masyarakat, warganegara dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah Negara pada waktu tertentu. Penduduk adalah semua orang yang mendiami suatu daerah dalam suatu waktu / jangka waktu tertentu. nah, di Indonesia sendiri kita mempunyai 241.452.952 penduduk menurut CIA World Factbook 2004. nah kebayangkan banyaknya seperti apa ? sekarang aja sudah tahun 2013 dan setiap tahunnya angka kependudukan di Indonesia meningkat sampai dengan 3%. tetapi kualitas kependudukan di Indonesia masih kurang , di karenakan banyak kekurangan pada informasi pendidikan dan pekerjaan. tercatat kurang lebih 7,28 % penduduk Indonesia buta huruf atau tidak bersekolah. kekurangan ini setiap tahunnya telah di gelontorkan dana APBN kependidikan sekiitar 20% tetapi tidak ada pencapaian angka yang signifikan . maka dari itu, kita harus mendukung gerakan bkkbn dimana bkkbn menyarankan 2 anak dalam satu keluarga. karena jika tidak di batasi maka penduduk di Indonesia akan tambah membeludak tanpa adanya keseimbangan , dan akan semakin banyak resiko kejahatan yang kita terima.

III. Transportasi

  transportasi di Indonesia sudah terbilang cukup maju, mulai dari transportasi darat, air sampai dengan udara. 
nah jalur kereta api kita saja di catat kurang lebih : 6.458 km panjangnya , dan memiliki bandara total: 127 dengan landasan pacu beraspal dan total: 319 bandara yang tidak menggunakan aspal pada landasan pacunya. gimana dengan transportasi jalur airnya ? nah, di karenakan Indonesia adalah negara kepulauan maka transportasi air ini yang merupakan sarana terpenting yang menghubungkan banyaaaaaaaaakk sekali tempat di negara kita ini. . Kapal yang banyak digunakan termasuk kapalkontainer besar, berbagai jenis feri, kapal penumpang, kapal layar, dan kapal bermotor kecil. Banyak ferry melayani selat-selat antara pulau yang berdekatan, terutama antara pulau Sumatra dan Jawa, dan juga antara pulau Jawa dan pulau-pulau di Kepulauan Sunda Kecil. Di penyeberangan sibuk antara Sumatra, Jawa, dan Bali, feri yang mengangkut kapal dioperasikan 24 jam per hari. Ada juba beberapa feri internasional yang melayani Selat Malaka antara Sumatra dan Malaysia, dan juga Singapura, dan pulau-pulau kecil Indonesia seperti Batam. dan banyak juga kapal - kapal kita yg melayani jangka tempuh lebih panjang lagi untuk  ke daerah pulau-pulau terpencil, terutama yang terletak di timur Indonesia.  Pelni melayani jalur tersebut dengan jadwal antara dua sampai empat minggu. Kapal-kapal ini merupakan sarana yang terhitung murah untuk hubungan jarak jauh antar pulau. Dan ada juga kapal-kapal swasta lain yang melayani di berbagai jalur lainnya. di beberapa pulau, sungai utama merupakan kunci transportasi karena ketiadaan jalan yang layak. Di Kalimantankapal panjang menjalani sungai-sungai dan merupakan satu-satunya cara untuk mencapai banyak tempat di dalam pulau. Indonesia memiliki jalur air yang dapat dijalani sepanjang 21.579 km (pada 2004), sekitar setengahnya di Kalimantan, dan masing-masing seperempat di Sumatra dan Papua. wow bangeett kan :)

dan tadaaaaa...
yang terakhir akan kita bahas yaitu tentang pariwisatanyaaa..

IV. PARIWISATA

   Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit.  nah ,  tahun 2010 saja sudah ada 7juta turis yang datang ke indonesia dan meningkat sebanyak hampir 10% pertahunnya. dan menyumbangkan 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat, tinggal di kali saja sama kurs rupiah kita dan kebayangkan berapa banyak devisa yang di terima oleh Indonesia. Alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di BunakenGunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatera merupakan contoh tujuan wisata alam di Indonesia. di karenakan Indonesia itu merupakan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika , otomatis mempunyai banyak kebudayaan, banyak etnis , suku dan sejarah keberagaman yang dinamis dan memiliki lebih dari 700 bahasa daerah yang di gunakan oleh penduduk Indonesia ini :) naahh ada 7 tempat wisata yang di tetapkan UNESCO dan masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. :)  empat wakil lain juga ditetapkan UNESCO dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia yaitu wayangkerisbatik dan angklung

naahh, sekian dulu yaa perkenalannya tentang Indonesia.. sudah seharusnya kita sebagai salah satu penduduk Indonesia menyadari kekayaan keberagaman kebudayaan di negara kita ini, dan seharusnya kita saling mendukung, menghormati antar etnis, dan merasa memiliki kebudayaan kita ini. jangan cuma mencintai kebudayaan dari negara luar aja, tapi kita jg harus lebih mencintai kebudayaan kita sendiri dan harus melestarikannya supaya ga di aku2in lagi oleh orang luar yang melihat ketidak pedulian kita atas budaya kita. . be proud guys! 'cause we are part of INDONESIA !  keep calm, and LOVE INDONESIA !! :)



thanks forrr all sourcesss : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar