Sabtu, 20 April 2013
Investasi
Pengertian pertumbuhan ekonomi harus dibedakan dengan pembangunan ekonomi. Dalammakalah pertumbuhan ekonomi ini,penulis ingin menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi hanyalah merupakan salah satu aspek saja dari pembangunan ekonomi yang lebih menekankan pada peningkatan output agregat khususnya output agregat per kapita. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periodetertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatannasional.Perekonomian dikatakan mengalami pertumbuhan apabila jumlah balas jasa riil terhadap penggunaan faktor-faktor produksi pada tahun tertentu lebih besar daripada tahun sebelumnya.Indikator yang digunakan untuk menghitung tingkat Pertumbuhan Ekonomi* Tingkat Pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto)* Tingkat Pertumbuhan PNB (Produk Nasional Bruto)Dalam praktek angka, PNB kurang lazim dipakai, yang lebih populer dipakai adalah PDB, karena angka PDB hanya melihat batas wilayah,terbatas pada negara yang bersangkutan.Perbedaan Pembangunan Ekonomi dengan Pertumbuhan Ekonomi* Pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi,tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur perekonomian.* Pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan
Selasa, 12 Maret 2013
LOVE INDONESIA !
LOVE INDONESIA !
hai hai, kalian pasti tau kan tentang indonesia kita tercinta ini.. tentang seberapa banyak kebudayaan dan keindahan dari seni budaya asli dari Indonesia.. bahkan orang bule - bule di luar sana sudah banyak yg mempelajari kebudayaan kitaa... nah, utk lebih jelasnya kita mulai aja yaa sedikit perkenalannya tentang Indonesia :) here we go.....
I. SENI & BUDAYA
seni , berawal dari proses manusia dan merupakan suatu apresiasi atau ekspresi dari kreativitas manusia, dan biasanya identik dengan suatu keindahan. Menurut HARRY SULISTIANTO 'seni budaya merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi padnangan akan suatu benda, suasana , ataupun karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju.'
apa aja sih seni dan kebudayaan Indonesia yang paling terkenal di dunia Internasional ? nah sekarang kita akan bahas beberapa seni dan budaya yang terkenal dari Indonesia. taaadaaaaa...
1. Bali
banyak orang asing yang menganggap kalau bali adalah negara, dan bukan merupakan salah satu kepulauan dari Indonesia. Padahal bali merupakan salah satu kepulauan dari Indonesia dan merupakan lambang pariwisata dari negara kita ini, selain karena keindahan pantainya tetapi juga karena ramahnya penduduk Indonesia ini menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisata terfavorite turis setiap tahunnya. Yang paling terkenal dari seni budaya bali adalah Tari Kecak , Tari Pendet , Tari Barong dan Tari Legong.
2. DIY
Daerah Istimewa Yogyakarta , terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2. Sudah pasti terkenal juga dengan kesopanannya dan adat Jawanya yang sangat kental. Seni dan budaya yang terkenal dari DIY salah satunya adalah WAYANG , Wayang dalam bentuk yang asli merupakan kreasi budaya orang Jawa yang berisi berbagai aspek kebudayaan Jawa. Wayang sudah ada jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia. Wayang ini mempunyai berbagai macam jenis , misalnyaa Wayang Kulit, Wayang Wong , Wayang Golek/ Thengul , Wayang Klithik. Selain itu ada juga Langen Mandra Wanara yang merupakan gabungan dari berbagai macam tarian juga merupakan salah satu kesenian , dan berbagai macam kesenian lainnya.
3. Aceh
Aceh, merupakan salah satu daerah islami yang ada di Indonesia. Kesenian yang terkenal dari daerah ini adalah Tari-tariannya. Yaitu salah satunya adalah Tari saman , tari yang diiringi dengan suara nyanyian dari sang penari itu sendiri merupakan tarian yang sangat terkenal juga di mata asing. Berasal dari salah satu suku yaitu suku Gayo, biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiranNabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Dannn, masih banyaakk lagi dari berbagai daerahh .. misalnyaa saja :
Kesenian Wayang

Berasal dari kata wayangan, yaitu sumber ilham dalam menggambar wujud tokoh dan cerita.
Wayang merupakan suatu karya bangsa yang telah dikenal sejak1500 SM dan dalam perkembanganya bersentuhan dengan unsur lain dan terus berkembang sehingga menciptakan wujud dan isinya seperti saat ini.
Wayang berfungsi sebagai media penerangan, pendidikan, dan komunikasi masa,wayang dalam bentuknya yang asli timbul sebelum kebudayaan hindu masuk masuk di indonesia dan mulai berkembang pada masa hindu jawa.
pertunjukan kesenian wayangmerupakan sisa- sisa upacara keagamaan orang jawa yaitu sisa-sisa dari kepercayaan animisme dan dinamisme.
Batik

Batik adalah gambar atau lukisan yang di buwat pada kain dengan bahan lilin dan pewarna, yang menggunakan alat canting atau kuas serta teknik tutup celup. Batik dapat berupa gambar pola ragam hias atau lukisan yang ekspresif.
sejarah batik indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit dan kerajaan sesudahnya.
batik merupakan karya seni budaya yang di kagumi dunia,di antara ragam tradisional yang di hasilkan dengan teknologi celup canting. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas,Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.
Kesenian Reog

Adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari ponorogo jawa timur.Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat, reog terdiri dari topeng kepala harimau yang besar dan burung merak di atasnya, orang yang memainkan reog harus memakai topeng reog yang besar itu serta mengangkatnya.
dalam pengalamanya seni reog merupakan cipta kreasi manusia yang terbentuk adanya aliran kepercayaan yang ada secara turun temurun dan terjaga. Seni reog terdiri dari beberapa rangkain 2 sampai 3 tarian pembuka. Berikutnya adalah tarian yang di bawakan oleh 6 - 8 gadisyang menaiki kuda.Reog masa kini biasanya di pentaskan dalam beberapa acara seperti pernikahan khitanan, hari-hari besar nasional dan lain- lain.
Angklung

Adalah alat musik tradisional dari daerah jawa barat, alat musik ini terbuat dari bambu, dapat di mainkan sendiri juga dapat di padukan dengan alat musik lain,namun umumnya di mainkan secara massal.
instrumen angklung terdiri atas : angklung melody, angklung pengiring, dan angklung bass. musik angklung digunakan untuk sarana ronda malam, pesta panen, dan pesta perkawinan.
Dalam perkembangannya, angklung berkembang dan menyebar ke seantero Jawa, lalu ke
Musik Lesung

Berasal dari blora jawa tengah, lesung adalah alat untuk menumbuk padi. saat para ibu-ibu menumbuk padi mereka juga sambil berdendang (bernyanyi), lagu lagu yang di lantunkan biasanya lagu lagu jawa.
instrumen lesung terdiri dari : alu lantan dengan lesung.
Lesung sendiri sebenarnya hanya wadah cekung, biasanya dari kayu besar yang dibuang bagian dalamnya.Gabah yang akan diolah ditaruh di dalam lubang tersebut.Padi atau gabah lalu ditumbuk dengan alu, tongkat tebal dari kayu, berulang-ulang sampai beras terpisah dari sekam.
Setelah zaman kian maju, membersihkan padi dengan lesung ditinggalkan, karena di nilai kurang dapat memperoleh hasil yang banyak.Kini lesung tetap di lestarikan sebagai kesenian tradisional.
II. KEPENDUDUKAN
Penduduk menurut UU.RI.No. 10 tahun 1992 yaitu orang dalam matranya sebagai pribadi, anggota keluarga,anggota masyarakat, warganegara dan himpunan kuantitas yang bertempat tinggal di suatu tempat dalam batas wilayah Negara pada waktu tertentu. Penduduk adalah semua orang yang mendiami suatu daerah dalam suatu waktu / jangka waktu tertentu. nah, di Indonesia sendiri kita mempunyai 241.452.952 penduduk menurut CIA World Factbook 2004. nah kebayangkan banyaknya seperti apa ? sekarang aja sudah tahun 2013 dan setiap tahunnya angka kependudukan di Indonesia meningkat sampai dengan 3%. tetapi kualitas kependudukan di Indonesia masih kurang , di karenakan banyak kekurangan pada informasi pendidikan dan pekerjaan. tercatat kurang lebih 7,28 % penduduk Indonesia buta huruf atau tidak bersekolah. kekurangan ini setiap tahunnya telah di gelontorkan dana APBN kependidikan sekiitar 20% tetapi tidak ada pencapaian angka yang signifikan . maka dari itu, kita harus mendukung gerakan bkkbn dimana bkkbn menyarankan 2 anak dalam satu keluarga. karena jika tidak di batasi maka penduduk di Indonesia akan tambah membeludak tanpa adanya keseimbangan , dan akan semakin banyak resiko kejahatan yang kita terima.
III. Transportasi
transportasi di Indonesia sudah terbilang cukup maju, mulai dari transportasi darat, air sampai dengan udara.
nah jalur kereta api kita saja di catat kurang lebih : 6.458 km panjangnya , dan memiliki bandara total: 127 dengan landasan pacu beraspal dan total: 319 bandara yang tidak menggunakan aspal pada landasan pacunya. gimana dengan transportasi jalur airnya ? nah, di karenakan Indonesia adalah negara kepulauan maka transportasi air ini yang merupakan sarana terpenting yang menghubungkan banyaaaaaaaaakk sekali tempat di negara kita ini. . Kapal yang banyak digunakan termasuk kapalkontainer besar, berbagai jenis feri, kapal penumpang, kapal layar, dan kapal bermotor kecil. Banyak ferry melayani selat-selat antara pulau yang berdekatan, terutama antara pulau Sumatra dan Jawa, dan juga antara pulau Jawa dan pulau-pulau di Kepulauan Sunda Kecil. Di penyeberangan sibuk antara Sumatra, Jawa, dan Bali, feri yang mengangkut kapal dioperasikan 24 jam per hari. Ada juba beberapa feri internasional yang melayani Selat Malaka antara Sumatra dan Malaysia, dan juga Singapura, dan pulau-pulau kecil Indonesia seperti Batam. dan banyak juga kapal - kapal kita yg melayani jangka tempuh lebih panjang lagi untuk ke daerah pulau-pulau terpencil, terutama yang terletak di timur Indonesia. Pelni melayani jalur tersebut dengan jadwal antara dua sampai empat minggu. Kapal-kapal ini merupakan sarana yang terhitung murah untuk hubungan jarak jauh antar pulau. Dan ada juga kapal-kapal swasta lain yang melayani di berbagai jalur lainnya. di beberapa pulau, sungai utama merupakan kunci transportasi karena ketiadaan jalan yang layak. Di Kalimantan, kapal panjang menjalani sungai-sungai dan merupakan satu-satunya cara untuk mencapai banyak tempat di dalam pulau. Indonesia memiliki jalur air yang dapat dijalani sepanjang 21.579 km (pada 2004), sekitar setengahnya di Kalimantan, dan masing-masing seperempat di Sumatra dan Papua. wow bangeett kan :)
dan tadaaaaa...
yang terakhir akan kita bahas yaitu tentang pariwisatanyaaa..
IV. PARIWISATA
Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. nah , tahun 2010 saja sudah ada 7juta turis yang datang ke indonesia dan meningkat sebanyak hampir 10% pertahunnya. dan menyumbangkan 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat, tinggal di kali saja sama kurs rupiah kita dan kebayangkan berapa banyak devisa yang di terima oleh Indonesia. Alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa. Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatera merupakan contoh tujuan wisata alam di Indonesia. di karenakan Indonesia itu merupakan bangsa yang Bhineka Tunggal Ika , otomatis mempunyai banyak kebudayaan, banyak etnis , suku dan sejarah keberagaman yang dinamis dan memiliki lebih dari 700 bahasa daerah yang di gunakan oleh penduduk Indonesia ini :) naahh ada 7 tempat wisata yang di tetapkan UNESCO dan masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. :) empat wakil lain juga ditetapkan UNESCO dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia yaitu wayang, keris, batik dan angklung.
naahh, sekian dulu yaa perkenalannya tentang Indonesia.. sudah seharusnya kita sebagai salah satu penduduk Indonesia menyadari kekayaan keberagaman kebudayaan di negara kita ini, dan seharusnya kita saling mendukung, menghormati antar etnis, dan merasa memiliki kebudayaan kita ini. jangan cuma mencintai kebudayaan dari negara luar aja, tapi kita jg harus lebih mencintai kebudayaan kita sendiri dan harus melestarikannya supaya ga di aku2in lagi oleh orang luar yang melihat ketidak pedulian kita atas budaya kita. . be proud guys! 'cause we are part of INDONESIA ! keep calm, and LOVE INDONESIA !! :)
thanks forrr all sourcesss :
Senin, 03 Desember 2012
Franchise
PENGERTIAN :
Dalam pengertian saya, franchise adalah bentuk kerja sama kemitraan dalam usaha atau waralaba, Kegiatan Waralaba itu sendiri adalah cara untuk mengembangkan usaha dengan bekerja sama dengan berbagai lembaga , individu lain yang ingin membuka usaha dengan brand - brand terkenal tertentu. Perusahaan yang membuka peluang kerja sama franchise biasanya adalah perusahaan yang sudah ternama , terkenal , sudah terjamin dari segi kualitas produknya, maupun dalam pemasaran dan pelayanannya.
Dalam pengertian umumnya , Waralaba sendiri artinya adalah kejujuran atau kebebasan dalam bahasa perancis( Franchise ) dimana bisa diartikan seperti ini : ada hak - hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Versi Pemerintah sendiri di Indonesia adalah 'perikatan dimana salah satu pihak diberiikan hak memanfaatkan & atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual / HAKI, atau pertemuan dari ciri khas usaha yg dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yg ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa'.
Dalam pengertian saya, franchise adalah bentuk kerja sama kemitraan dalam usaha atau waralaba, Kegiatan Waralaba itu sendiri adalah cara untuk mengembangkan usaha dengan bekerja sama dengan berbagai lembaga , individu lain yang ingin membuka usaha dengan brand - brand terkenal tertentu. Perusahaan yang membuka peluang kerja sama franchise biasanya adalah perusahaan yang sudah ternama , terkenal , sudah terjamin dari segi kualitas produknya, maupun dalam pemasaran dan pelayanannya.
Dalam pengertian umumnya , Waralaba sendiri artinya adalah kejujuran atau kebebasan dalam bahasa perancis( Franchise ) dimana bisa diartikan seperti ini : ada hak - hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Versi Pemerintah sendiri di Indonesia adalah 'perikatan dimana salah satu pihak diberiikan hak memanfaatkan & atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual / HAKI, atau pertemuan dari ciri khas usaha yg dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yg ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa'.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Contoh Bisnis :
Di Indonesia sendiri ada berbagai macam bisnis franchise yang berkembang dari negeri sendiri. Sebagaimana anak Indonesia, yang cinta akan bangsa kita sendiri , saya akan membahas bisnis franchise yang murni berasal dari indonesia dan sudah berkembang dan di akui dimana-mana. :)
Es Teler77 ! Sering dengar kan namanya ? atau sering mampir dan makan-makan disana ? yup, ini adalah salah satu franchise indonesia yang berhasil dalam usaha berfranchasing dan telah di akui sebagai Top Franchise ASEAN 2009 , dan masuk dalam kategori THE BEST IN FRANCHISE SUPPORT, INDONESIA FRANCHISOR OF THE YEAR 2009. Omzetnya tidak tanggung tanggung , 180 milyar per bulan dalam periode 2011. Omzet ini tercapai berkat penjualan produknya di 180 gerai di seluruh Indonesia dan Mancanegara. Pendapatan gaji pergerai Rp. 500juta hingga Rp. 1 milyar per bulan. Investasi dengan modal Rp. 600.000.000 hingga 900.000.000 juta dengan standarisasi tempat yg di tentukan yaitu antara 100 meter hingga 150meter persegi. Dengan membayarkan investasi sebesar modal tadi , Bisnis Es teler77 ini berlaku untuk 5 tahun dengan royalti fee standar sebesar 4 sampai 4,5%. Bagaimana dengan Bahan bakunya ? Es Teler77 dan pengelolanya selalu di berikan standar penggunaan produk pertanian dan petani lokal. Sedangkan gerai yang berada di luar negri memasok bahan bakunya juga dari petani sekitar. hingga akhir tahun 2011, dapat dihitung 180 gerai dengan rincian 60% diantaranya adalah franchising yang dimiliki perusahaan dan 40% sisanya adalah mitra.
Keuntungan dan Kerugiannya :
1. Keuntungan
Bisnis franchise ini biasanya cenderung kecil untuk gagal , karena franchise sendiri biasanya di gagas oleh suatu perusahaan yang telah memiliki nama dan posisi tertentu di dalam bisnis. Franchise memudahkan kita menjado pengusaha yang otonom , tetapi tetap memiliki mitra dalam menjalankan bisnisnya. Dalam bisnis ini telah disediakan pedoman - pedoman lengkap dari cara mengatur hingga menjalankan bisnis bagi franchise, membeli bisnis franchise sama dengan membeli bisnis yang sudah jadi dan matang. Sebagai mitra, anda akan mendapatkan traine / pelatihan dalam menjalankan usaha.
2. Kerugian
Penggunaan sistem franchise ini juga tidak memberikan efek bebas untuk para mitra dalam melakukan inovasi bisnis , karena terbentur dengan perjanjian dalam kontrak franchise itu sendiri. Semua barang dan jasa telah di tentukan kualitas dan kuantitasnya oleh si Franchisor, tujuannya adalah untuk menjaga dan mempertahankan standar mutu dan layanan di semua gerai dan jaringan yang di miliki oleh franchisor, dan biasanya harganya juga di tentukan oleh franchisor. Berpotensi untuk konflik karena biasanya , ada satu pihak yang merasa rugi atau dirugikan dalam bisnis ini. Misalnya si Franchise (mitra) merasa tidak sesuai dengan apa yg diterima dalam paket bisnis yg di janjikan oleh si Franchisor (Indukmitra), dan hal lainnya sangat memungkinkan konflik di dalam bisnis ini.
Saran :
Walaupun kecil resikonya tetapi bisnis ini tetap memiliki resiko untuk gagal, jadi berhati-hatilah dalam memilih dan memilah suatu mitra yang akan anda ambil sebagai mitra usaha anda. Bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang dalam konteksnya bisa sampai 5 - 15 tahun , semua bisnis yang anda jalankan harus anda bayar sebelum bisnis anda berjalan, jadi bersabarlah. tawaran yang di sajikan banyak berbentuk ilustrasi, pahamilah dan sesuaikan dengan jangkauan kemitraan investasi yang anda inginkan. jangan sampai anda terjebak dalam sebuah marketing instrument yang sangat merdu terdengar saat masa penawaran. Anda bermitra dengan Franchise sama saja anda mengikat diri anda dengan peraturan dari perusahaan , usahakan jangan sampai anda atau pihak dan Franchisor itu sendiri merasa dirugikan karena bukan hal baru lagi jika bisa di perkarakan. jadi tetap berhati - hatilah.
gladiza mandasari (23212192)
1EB02
Minggu, 02 Desember 2012
Perdagangan Internasional & Pemasaran Internasional
Perdagangan Internasional
:
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk
suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu),
antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan
pemerintah negara lain. Perdagangan internasional pun turut
mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi,
dan kehadiran perusahaan multinasional.
*Teori Perdagangan Internasional
yang akan kita bahas ada 3 model,
yaitu yang pertama adalah model :
Model Adam Smith : memfokuskan
pada keuntungan mutlak yang
menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan
negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah
dibandingkan negara lain. Menurut teori ini jika harga barang dengan jenis sama
tidak memiliki perbedaan di berbagai negara maka tidak ada alasan untuk melakukan
perdagangan internasional.
Model Ricardian : memfokuskan
pada kelebihan komparatif dan
mungkin merupakan konsep paling penting dalam teori pedagangan internasional.
Model Heckscher-Ohlin : Model Heckscgher-Ohlin dibuat
sebagai alternatif dari model Ricardian dan dasar kelebihan
komparatif. Teori ini berpendapat bahwa pola dari perdagangan
internasional ditentukan oleh perbedaan dalam faktor pendukung.
Pemasaran Internasional adalah
kegiatan Pemasaran yang
melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai Negara.
Pemasaran Internasional : Merupakan kegiatan
Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses
manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan
kepada konsumen di berbagai Negara.
Pasar internasional adalah pasar
yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional
melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran
di negara-negara di mana suatu organisasi melakukan bisnis.
Kenapa Setiap Negara harus ada
perdagangan dan pemasaran internasional ?
Karena selain untuk saling menjaga
tali persaudaraan antar Negara juga biasanya memudahkan kita suatu Negara untuk
memenuhi kebutuhan yang berbeda di setiap negara negara tersebut. perdagangan
internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP / Pendapatan nasional. dampaknya terhadap
kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad
belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi,
kemajuan transportasi, globalisasi,
dan kehadiran perusahaan multinasional. Globalisasi dalam
hal ini adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di
seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan
bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi
semakin sempit. Hal lain juga biasanya , untuk mempromosikan hasil kekayaan
suatu Negara atau produksi dari barang barang Negara tersebut.
Faktor - Faktor :
Faktor pendorong
Banyak faktor yang mendorong suatu
negara melakukan perdagangan internasional, di antaranya sebagai berikut :
·
Untuk memenuhi kebutuhan
barang dan jasa dalam negeri
·
Keinginan memperoleh
keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
·
Adanya perbedaan
kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya
ekonomi
·
Adanya kelebihan produk
dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
·
Adanya perbedaan keadaan
seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang
menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
·
Adanya kesamaan selera
terhadap suatu barang.
·
Keinginan membuka kerja
sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
·
Terjadinya era
globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
gladiza mandasari (23212192) 1EB02
Senin, 19 November 2012
Analisis ATM metode client server !
Pada analisa ini digunakan untuk menunjang berbagai fasilitas yang di tawarkan dalam dunia perbankan yang kini hadir dengan real time online. dimana kita bisa melakukan transaksi apapun setiap saat. kita akan mencontohkan dengan sebuah mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri atau (Asynchrounous Transfer Mode) yang telah familiar dengan kita. Banyak hal yang mampu menunjang berbagai ketersediaan dari ATM pada Bank tersebut. misalnya saja faktor proses ( dari alokasi proses hingga proses pada sistem itu sendiri ), distribusi sumber data, jaringan dan perangkat keras itu sendiri menjadi faktor penunjang bagi suatu mesin ATM pada sebuah bank yg kita sebut saja sebagai BANK Z. BANK Z ini mempunyai arsitektur tersendiri pada layanan ATMnya yang sudah tersebar luas di Indonesia. Biasanya model arsitektur ini sendiri di perlukan untuk interface antara para nasabah sebagai user dengan mesin tersebut, misalnya saja model persyaratan , model kontrol , model struktural. biasanya digunakan sebagai mana kurang lebih mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas aplikasi pada sejumlah komponen logika. semua sistem aplikasi ini sangat penting sebagai cara untuk mencapai kualitas yang diinginkan oleh BANK Z ini. Biasanya cara mengidentifikasi ATM suatu perbankan menggunakan arsitektur clientserver model fat-client. Demikian pula ATM BANK Z menggunakan arsitektur client-server model threetier , yang telah dikembangkan dari model thin-client dan model fat client. Hal ini yang memungkinkan layanan yang diberikan seperti ini menstransfer uang, membayar tagihan dan lain-lain kepada nasabahnya.
Minggu, 04 November 2012
FAKTOR – FAKTOR BISNIS !
Pertama
kita akan membahas tentang definisi atau pengertian dan artian dari bisnis itu
sendiri. Menurut Boone dan Kurtz (2000), bisnis (business)
terdiri dari semua aktivitas yang bertujuan mencari laba dan perusahaan yang
menghasilkan barang serta jasa yang dibutuhkan oleh sebuah sistem ekonomi.
Sementara itu pengertian laba (profit) yaitu imbalan bagi para pelaku bisnis
yang mengambil resiko dalam memadukan manusia, teknologi, dan informasi untuk
menciptakan serta memasarkan barang yang diinginkan dan jasa yang memuaskan.
Bisnis dalam pengertian ekonomi adalah istilah umum yang menggambarkan semua
aktifitas dan institusi yang memproduksi barang serta jasa dalam kehidupan
sehari-hari. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis
adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi)
yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa
(create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Yang artinya dimana kita akan melakukan segala sesuatu untuk memperoleh keuntungan dan laba untuk kita sendiri. Semua itu juga merupakan target dan tujuan utama kita dalam melakukan transaksi berbisnis. Lalu kita akan mulai membahas Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia ? berikut sedikit ulasannya.
Yang artinya dimana kita akan melakukan segala sesuatu untuk memperoleh keuntungan dan laba untuk kita sendiri. Semua itu juga merupakan target dan tujuan utama kita dalam melakukan transaksi berbisnis. Lalu kita akan mulai membahas Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia ? berikut sedikit ulasannya.
FAKTOR BISNIS INTERNAL :
Factor
bisnis internal dating dari dalam perusahaan kita sendiri. Mulai dari cara
pengelolaannya bahkan sampai system dan visi misi perusahaan kita sendiri. Misalnya
:
a.
Sistem
(Manajemen)
Bisnis yang baik memiliki
sistem (Manajemen) yang baik pula. Maka untuk membangun sebuah bisnis maka
harus disiapkan sebuah sistem yang baik dan teruji. Fungsi dari sistem tersebut
adalah untuk mengendalikan bisnis supaya berjalan dengan lancar dan dapat
meminimalisir masalah yang terjadi. Sehingga bisnis yang dibangun berjalan
secara efektif dan efisien
b. PELUANG
Sebuah bisnis
akan muncul dari sebuah peluang. Peluang ini didapat dari kebutuhan yang tidak
terpenuhi. Karena kebutuhan setiap orang bebeda-beda, maka dari kebutuhan yang
pelbagai macam itu akan menjadi peluang bisnis. Seorang Enterpreneur yang jeli
dapat melihat peluang sebagai sebuah bisnis.
c.
Mampu Menyesuaikan Diri
Kemampuan
seseorang dalam melihat Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang ada pada
dirinya adalah salah satu hal yang bisa digunakan untuk menyesuaikan diri pada
setiap situasi dan kondisi apapun dalam menggapai keberhasilan usaha.
d. Manajemen Keuangan yang Baik
Kita harus pandai-pandai dalam mengelola bisnis apalagi
semua hal internal yang berjalan sangat baik akan menjadi hancur saat kita
tidak mampu mengelola dan memanajemenkan keuangan kita dengan baik. Hal ini
sangat harus di perhatikan karena bagaimanapun juga salah satu tujuan kita adalah
laba dimana laba yang kita dapat harus kita kelola dengan baik supaya
berkembang lagi.
e.
Pemegang Saham dan Dewan Direksi
Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.
Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.
FAKTOR
EXTERNAL :
a.
Pelanggan / Konsumen
Konsumen atau pelanggan kita adalah raja, dan titik nadir dari bisnis kita. Layanilah konsumen dengan baik. Konsumen dapat dibagi atau dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen perorangan atau individu dan konsumen lembaga/perusahaan/bisnis. Konsumen membelanjakan uang yang dimilikinya untuk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.
Konsumen atau pelanggan kita adalah raja, dan titik nadir dari bisnis kita. Layanilah konsumen dengan baik. Konsumen dapat dibagi atau dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen perorangan atau individu dan konsumen lembaga/perusahaan/bisnis. Konsumen membelanjakan uang yang dimilikinya untuk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.
b.
Pemasok / Suplier / Suplayer
Salah satu hal penting juga dimana jika kita menjalankan usaha retail atau usaha mandiri kita memerlukan pemasok dari barang yang kita dagangkan. Para pemasok inilah yang harus kita sortir dengan baik karena membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah.
Salah satu hal penting juga dimana jika kita menjalankan usaha retail atau usaha mandiri kita memerlukan pemasok dari barang yang kita dagangkan. Para pemasok inilah yang harus kita sortir dengan baik karena membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah.
c.
Pemerintah
Lembaga yang membuat undang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan.
Lembaga yang membuat undang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan.
d.
Pesaing / Rival
Semakin laris manis bisnis kita maka akan semakin banyak pula para rival kita berjamuran dimana-mana. Disini kita di tuntut untuk ekstra hati – hati dan teliti dalam menjalankan bisnis. Selain kita harus memperkuat formasi bisnis kita , kita juga harus pandai-pandai menilik suatu inovasi baru dan menciptakan kreasi baru sebelum para rival kita mendahului kita . karena Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat menguasai pasar.
Semakin laris manis bisnis kita maka akan semakin banyak pula para rival kita berjamuran dimana-mana. Disini kita di tuntut untuk ekstra hati – hati dan teliti dalam menjalankan bisnis. Selain kita harus memperkuat formasi bisnis kita , kita juga harus pandai-pandai menilik suatu inovasi baru dan menciptakan kreasi baru sebelum para rival kita mendahului kita . karena Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat menguasai pasar.
GLADIZA MANDASARI
1 EB 02 / 23212192
Langganan:
Postingan (Atom)